Oleh: anaqi | Juli 13, 2007

CAKE BENGKUANG

Musim panas begini emang enaknya bikin yang seger2 nih, Kayak es buah. Hmm..slurp, bisa menghilangkan gerah di badan nih. Resep yang ini kayaknya ga perlu di posting, secara ini resep klasik, warisan nenek moyang gitu lho..

Begitu es buahnya abis, masih nyisa bengkuang lumayan agak banyak . Bingung mo dibikin apa, akhirnya iseng banget dibikin cake. Secara cake bengkuang lom pernah ada, tapi mikir pisang, kentang bahkan wortel aja bisa dibikin cake, kenapa engga dicoba bikin cake dari bengkoang. Dan tara… inilah hasilnya. Cake yang lembut dan padat serta mempunyai aroma yang wangi dan segar (hihi..hiperbola banget). Waktu mo nambah lagi, dalam sekejab dah habis, soalnya cuman bikin sedikit he..he…maklum masih beginner, jadinya kal0 bikin2 cake dalam porsi sedikit.
Bahan :
100 gram bengkoang, kupas, cuci bersih, tambah sedikit air (max kira 1/3 gelas belimbing, soalnya bengkuang termasuk buah yang kadar airnya lumayan) ,blender hingga halus.
100 gr gula pasir
150 gr margarin
150 gr tepung terigu protein sedang
50 gr tepung maizena
50 ml susu cair
1/4 sdt baking powder
2 btr telur
Cara membuat :
1. Ayak terigu, maizena dan baking powder, campur rata. Sishkan
2. Kocok gula, margarin hingga lembut.
3. Masukkan telur satu persatu, kocok lagi.
4. Masukkan bengkong yang sudah di blender,aduk rata.
5. Masukkan campuran terigu, maizena , baking powder sedikit demi sedikit, sambil di aduk , kemudian masukkan susu cair.Aduk hingga rata.
6. Tuang di loyang ukuran persegi empat ukuran 18 yang sudah di oles margarin dan dialasi kertas roti, tabur keju parut, oven di suhu 190 derajat selama 25 menit.
NB : posted at MP 17 Juni ’07


Responses

  1. aku coba kok gak enak ya!!

  2. mbak Dhea udah mencobanya step by step? Memang selera tiap orang bisa berbeda. Menurut saya pribadi, bengkuang memang buah yg kurang dlm rasa, dlm arti tidak manis, tidak kecut, tidak sem, tp segar, karena mengandung air yg cukup. Apabila cake kurang manis, dapat ditambahkan gula sesuai selera. Dapat juga ditambahkan vanilla extract untuk perasa.

  3. kurang enak

  4. kurang enak semua menunya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: